Senin, 25 Juni 2012

aneka resep kue tradisional indonesia

Monday, June 25, 2012


KUE PISANG KELAPA

















Kue pisang kelapa jelas merupakan kue tradisional Indonesia yang penuh dengan nuansa cita rasa khas nusantara karena bahan utama kue ini yakni pisang dan kelapa merupakan bahan pangan yang secara tradisional banyak digunakan untuk membuat berbagai ragam kue tradisional Indonesia.

BAHAN :
200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
2 buah pisang raja matang, iris serong
80 gr tepung beras
200 cc santan kental
1 sdt garam
80 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
200 cc santan untuk adonan
2 butir telur
Minyak untuk olesan

CARA MEMBUAT :
1. Campur santan dan tepung terigu, kemudian masak hingga mengental, aduk rata, angkat.
2. Campur tepung terigu yang telah dimasak dengan kelapa parut, tepung beras, gula pasir, dan garam, aduk rata. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk.
3. Panaskan cetakan kue carabikang, olesi dengan minyak.
4. Masukkan adonan ke dalam cetakan hingga penuh, lalu tutup. Panggang dengan api kecil hingga setengah matang, tata atasnya dengan sepotong pisang, masak sebentar, angkat.
5. Sajikan panas dengan ditaburi gula pasir.

Untuk 15 buah
Baca resep kue ini selengkapnya...

Tuesday, June 05, 2012


KUE KREMES

















Dari namanya, kita sudah bisa membayangkan kue kremes ini merupakan kue yang renyah, gurih, manis karena warna kecoklatan dari gula merah dan sudah pasti terasa kremesnya yang "kres...kres.." ketika digigit. Kue camilan yang satu ini masih banyak digemari dan mudah ditemui di warung-warung yang menjual makanan tradisional.

Karena bentuknya yang menyerupai sarang burung, di Sumatera orang menyebutnya kue sarang balam. Sementara di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kue kremes lebih dikenal dengan nama kue carang emas atau gerubi.

Kue kremes ini mudah dalam pembuatannya dengan bahan-bahan yang sederhana.

BAHAN :
1 kg ubi jalar
200 gr gula merah, iris halus
1500 ml air untuk merendam
1 1/2 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT :
1. Kupas dan potong ubi jalar dengan menggunakan pisau tipis dan tajam menjadi irisan halus. Rendam dengan larutan air garam agar ubi tidak berubah warna kebiruan karena getah. Tiriskan.
2. Panaskan 60 ml minyak di dalam wajan cekung anti lengket. Goreng 60 gr ubi hingga kuning dan hampir kering.
3. Tambahkan 1 sdm irisan gula merah, aduk hingga gula mencair dan tercampur dengan ubi. Angkat.
4. Ambil sejumput ubi goreng yang masih hangat, bentuk secara cepat dalam mangkok menjadi bulatan-bulatan. Dinginkan hingga kue mengeras.
5. Lakukan sampai seluruh ubinya habis diolah.
6. Kue kremes siap disajikan sebagai camilan atau bisa disimpan di dalam stoples kedap udara agar tahan lama dan menjaga kerenyahannya.

Untuk 30 buah
Baca resep kue ini selengkapnya...

Monday, May 21, 2012


KUE KEMBANG GOYANG
















Kue kembang goyang, popular dikenal juga dengan nama kue kembang loyang atau kue loyang di Sumatera, merupakan salah satu kue tradisional nusantara yang popular disajikan sebagai kue lebaran untuk para kerabat dan tamu yang bersilaturahmi karena rasanya yang renyah dan gurih.

Sementara bagi masyarakat Bali, khususnya pemeluk agama Hindu, biasanya memakai kue kembang goyang ini sebagai salah satu isi sesajian di hari raya keagamaan.

Sesuai namanya, kue kembang goyang bentuknya menyerupai bunga atau kembang yang sedang mekar. Kembang goyang sendiri merupakan nama sejenis perhiasaan yang dipasangkan di rambut atau sanggul (konde) dan dapat bergerak-gerak/bergoyang karena memiliki pegas.

BAHAN :
200 gr tepung beras
65 gr gula pasir halus
2 butir telur
1/2 sdt garam

Makanan Khas Bangka Belitung - Saat berkunjung ke propinsi Bangka dan Belitung jangan lupa mencoba jenis makanan khas yang asli berasal dari propinsi ini.
Setiap daerah propinsi di Indonesia Selalu menawarkan keunikan kuliner yang beraneka ragam. Apa nama dan jenis makanan, jajanan atau masakan khas yang berasal dari Bangka Belitung?
Lempah kuning
 
Makanan ini merupakan masakan khas dari Pulau Bangka. Bahan dasar untuk pembuatan makanan ini dari bahan ikan laut atau dapat juga menggunakan bahan daging. Bumbunya terdiri dari bermacam bumbu dapur seperti diantaranya kunyit, bawang merah dan putih serta lengkuas dan terasi atau belacan yang juga khas berasal dari daerah Bangka.
Getas atau Keretek
Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan dan terigu yang dibuat dengan berbagi bentuk yang rasanya hampir sama dengan kerupuk.

Rusip
Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar ikan bilis yang sebelum pembuatannya dicuci hingga bersih dan ditiriskan secara steril lalu dicampur dengan garam yang komposisinya seimbang. Agar aromanya menjadi harum dan wangi ditambahkan gula kabung. Adonan ini harus ditutup dengan wadah yang rapat agar tidak tercampur dengan benda asing apapun. Dahulu saat proses pembuatan adonan makanan ini ditempatkan dalam guci yang bermulut sempit. Suhu ruangan harus benar benar dijaga. Makanan ini dapat dimasak dulu atau dimakan langsung dengan lalapan.

Calok
Makanan Calok terbuat dari udang kecil yang masih segar yang disebut dengan udang cencalo/rebon. Proses pembuatannya udang dicuci bersih terlebih dulu dan dicampur dengan garam sebagai pengawet agar tahan lebih lama. Makanan Calok sangat cocok sebagai teman lauk nasi yang masih hangat dengan lalapan ketimun, tomat dan sayuran segar lainnya.
Jenis makanan khas lainnya yang juga berasal dari Bangka Belitung adalah Belacan, Tembiluk, Kempelang, Kerupuk Bangka, Lempah Darat, Empek-empek Bangka, Lakso, Tempoyak, Bergo, Tekwan, Laksan, Otak-otak, Sambellingkung, Martabak Bangka atau Kue Van De Cock/Hok Lo Pan, Lempok yaitu makanan sejenis dodol.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar